Sedikit Tips and Trik Futsal

Posted by Bang Mega 2:32 PM, under | No comments

hai kawan sekalian.. :)
kali ini bang mega mau bagi bagi info..tapi kali ini bang mega mau ngebahas hal yg keluar dari Teknologi Informasi dan Komunikasi.. tepatnya bang mega mau ngebahas sdikit tentang futsal..hhe
kawan kawan sekalian, nggak cwo atau  cwe pasti udah pada tau apa itu futsal.. apalagi buat pelajar kayak kita ni.. futsal udah jadi kegiatan mingguan yg rutin dlakuin kan kwan??hhe apalagi klo udah mnyangkut nama kelas..futsal sngat mmiliki gengsi tersendiri kawan..hhe
yaudah deh.. mau tau lbih lanjut?? masuk aja kawan..hhe



sebenernya bermain futsal itu gampang dan hanya mengikuti ingin hati dan bergerak bebas dengan menyamakan visi satu tim.. tapi menurut pengalaman dan baca dari forum sebelah.. bang mega jadi pingin ngeshare sedikit tentang futsal..

sebagai satu tim, kawan harus bisa saling ngerti dan memiliki visi yg sama akan tim tsb.. bang mega punya tim bola..bisa di bilang slah satu tim terhebat (dari sudut pandang bang mega ndri sih..hhe).. tapi tetap, yg hebat blm tntu menang terus.. ada kalanya kita ada di saat terpuruk.. waktu itu, tim bang mega mengalami 3 kekalahan beruntun.. tapi dari kekalahan itu, bang mega jadi tau.. bermain futsal atau apapun jangan dengan emosi.. kita terlalu berambisi mncetak gol dan itu mmbuat kita frustasi.. tapi saat kita mulai bermain sabar, gol pun akan senantiasa mudah di dapet..

itu dari segi mental.. dari segi teknis..

ada yang di sebut dengan "DEFENDING"..

langsung aj ya kawan, utk pertama bang mega bakal ngebahas DEFEND 2 2 dalam futsal, klo di sepak bola konvensional kan ada tuh 4 4 2, 3 5 2, 4 3 3..dll. kali ini bang mega bahas dulu DEFEND 2 2. dalam DEFEND 2 2 ini kita bertahan dengan posisi ZONA atau posisi menunggu, jadi kita tidak disarankan merebut bola melainkan kita menunggu lawan melakukan kesalahan atau jika lawan dalam keadaan lengah baru kita rebut dehh,,ni penampakan defend nya..


 Pemain Defend hanya menunggu lawan melakukan kesalahan tanpa mengurangi konsentrasi bertahan (paling tidak jarak kita ke lawan 1 langkah saja)..





 Pada saat posisi bola di kiri pertahanan, pergerakan yang berubah hanya pemain B (liat gambar) dan mengabaikan pemain F krn terlalu jauh dari gawang (tidak berbahaya), pemain B agak masuk ke dalam untuk menutup TRUE PASS (passing langsung) pemain E kepada pemain H..




 sama halnya seperti di atas, Pada saat posisi bola di kanan pertahanan, pergerakan yang berubah hanya pemain A (liat gambar) dan mengabaikan pemain E krn jauh dari gawang (tidak berbahaya), pemain A agak masuk ke dalam untuk menutup TRUE PASS (passing langsung) pemain F kepada pemain G ..

ingat ya kawan..pergerakan defend saat bola di kiri atau pun di kanan dilkukan terus berulang ulang jika hanya pemain E passing k F, begitu pun sebaliknya.. :) 




  
Pada saat posisi bola masuk daerah pertahanan sebelah kiri, pergerakan pemain A, B, D berubah (liat gambar), pemain A masuk ke dalam untuk menutup/mengunci pemain G agar tidak bisa passing ke pemain F/H, pemain B agak masuk kedalam mempersempit pemain G untuk melakukan passing dan juga menutup pergerakan pemain F, pemain D juga agak masuk ke dalam mempersempit pemain G untuk melakukan passing dan juga menutup pergerakan pemain H...







 sama hal nya di atas, Pada saat posisi bola masuk daerah pertahanan sebelah kiri, pergerakan pemain A, B, C berubah (liat gambar), pemain B masuk ke dalam untuk menutup/mengunci pemain H agar tidak bisa passing ke pemain E/G, pemain A agak masuk kedalam mempersempit pemain H untuk melakukan passing dan juga menutup pergerakan pemain E, pemain C juga agak masuk ke dalam mempersempit pemain H untuk melakukan passing dan juga menutup pergerakan pemain G...





posisi badan saat defend
 posisi badan seperti inilah yang disarankan (tergantung cara orang defend sih..suka beda-beda,hehe). kenapa posisi badannya seperti itu??? tujuannya cuma 1, membuang lawan ke garis. maksudnya...dgn posisi badan seperti itu kita bisa melihat pergerakan lawan 99%..mau apa dia???akan melakukan apa dia?? kita pasti tau semuanya...semakin dia diam saja dekat garis, semakin dia tidak bisa berbuat apa-apa kawan..hhe








kali ini bang mega mau bahas defend 1 2 1, masih sama seperti defend 2 2, yaitu defend ZONA (menunggu), bukan man to man, langsung liat gambar aje deh kawan..hhe






 tetap sabar menunggu lawan melakukan kesalahan tanpa mengurangi konsentrasi defend (paling tidak jarak kita ke lawan 1 langkah saja).. santai aja tu kawan..






Pada saat posisi bola di kiri pertahanan, pergerakan yang berubah hanya pemain A (liat gambar) dan mengabaikan pemain E krn terlalu jauh dari gawang (tidak berbahaya), pemain A agak masuk ke dalam untuk menutup TRUE PASS (passing langsung) pemain H kepada pemain F/G..






 Pada saat posisi bola di kanan pertahanan, pergerakan yang berubah hanya pemain A (liat gambar) dan mengabaikan pemain E krn terlalu jauh dari gawang (tidak berbahaya), pemain A agak masuk ke dalam untuk menutup TRUE PASS (passing langsung) pemain F kepada pemain H/G..





Pada saat posisi bola berhasil di true pass dan berhasil masuk ke dalam zona pertahanan, pergerakan pemain A,D dan B berubah (liat gambar). pemain A,D dan B agak masuk ke dalam untuk menutup atau mempersempit gerak/passing/back pass pemain G kepada pemain H/E/F, dan pemain C bertugas mencegah/memblok pemain G melakukan shooting langsung ke gawang (pemain A jangan lengah terhadap pergerakan pemain E, begitu juga pemain D dan B jangan lengah terhadap pergerakan pemain H dan F)..


inget ya kawan... Dalam posisi DEFEND 1 2 1 ini, posisi pemain A tidak harus orang yang sama atau orang yang itu itu saja...karena sperti gambar di atas, yang banyak melakukan pergerakan saat DEFEND hanya pemain A (dibutuhkan stamina dan daya konsentrasi yang tinggi pada posisi ini)..


 INTI DARI DEFENT YA KAWAN.. YAITU JANGAN PERNAH SEDETIK PUN MELEPASKAN PANDANGAN KITA DARI BOLA..








ATTACKING!!!

Posisi awal ATTACK 1 3, 1 pemain ATTACK di daerah pertahanan kita sebagai pengatur serangan dan 3 pemain ATTACK didaerah pertahanan lawan (liat gambar). garis tengah sebagai pembatas...





  • gambar 1  :  posisi dimana pemain A memegang bola, siap passing ke D..

  • gambar 2  :  pemain D kontrol bola lalu melakukan passing gerak ke C (passing gerak = passing lalu gerak) liat garis merah pada gambar 3..

  • gambar 3  : sebelum pemain C menerima bola, pemain B dan D melakukan gerak bersamaan mengikuti garis merah ( liat gambar )

  • gambar 4  : pada posisi ini pemain C bisa passing lagi ke pemain D atau balik badan dan passing ke pemain B.. setelah itu ambillah keputusan.. ( SHOOTING, BACK PASS, atau PASSING JAUH KE PEMAIN YANG BERADA DI TIANG KE 2 )



DALAM MENYERANG, DISARANKAN SELALU MEMBENTUK POSISI SEGITIGA / DIAMOND..







TIPS NIH KAWAN..

   1.  BIAR SHOOTING KTA KENCENG!!
  • PUSH UP
loh ko push up???? apa ngaruhnya tangan sama futsal??? latihan yg 1 ini sangat berpengaruh kawan..karena push up bisa membentuk otot tangan sampe bahu kita..karena shooting yang kencengg/keras itu memerlukan ayunan tangan yg bertenaga, jadi semakin otot tangan kita kuat semakin berpengaruh juga terhadap kenceng/kerasnya shooting kita kawan.hhe

  •   SIT UP
yang ini apa lagi?? udah kayak apa aj push up sit up??hhe.. tapi ini berpengaruh banget kawan....dengan rajin sit up otomatis otot perut kita kebentuk dong, karena shooting kenceng/keras juga memerlukan otot perut yg kuat untuk mengayun kedua kaki kita...
 
  • ANGKAT BEBAN PADA KAKI
yang satu ini berguna untuk membentuk otot kaki bagian bawah sampe paha, kawan liat deh kaki kaki pemaen kelas dunia..ototnya ga nahannnnn, gerakan yg mudah adalah mengendong teman di atas pundak kita dan melakukan gerakan naik turun setengah (jangan sampe jongkok) agar otot paha terbentuk...





   2.  MENGHILANGKAN CAPEK SEJENAK DI LAPANGAN!!

lakukan gerakan seperti disamping, sambil atur nafas se rileks mungkin...dengan gerakan ini juga membuat aliran darah naik lagi ke otak, sehingga bisa kembali segerrr seketika (klo bang mega liat bola di TV, biasanya pemain tu pura2 benerin kaos kaki kawan...hehehe) 













   3.  JANGAN MEMBENTAK TEMEN 1 TIM !!

penting banget nih !! jangan pernah memarahi/membentak temen kita yg melakukan kesalahan dlm suatu pertandingan, bukan membuat dia semangat malahan akan membuat dia DOWN tu kawan..inget kawan, dibalik kesalahan dia pasti ada maksud baik juga. kalau trnyata temen kita gak terima di bentak..pasti dia akan terus berbuat kesalahan, males2an maennya, parahnya dia akan menganggap kita SOK JAGO, so..keep support for the team !!





   4.  MENJADI SI PINTAR MENGAMBIL KEPUTUSAN..

  • SHOOTING
 jangan ragu lakukan SHOOTING jika posisi kiper lawan tidak maju/diam dibawah gawang dan jika tidak ada support satupun dari teman 1 tim, karena jika kiper hanya diam, otomatis ruang shoot/tembak semakin luas. peluang gol 60% (situasi 1 lawan 1 dgn kiper)..




  • PASSING
 yg ini wajib dilakukan !! passing/oper bola ketika kiper lawan maju untuk menutup ruang shooting/tembak kita. tentunya jika ada tmn 1 tim yg support. peluang gol 90% (situasi 2 lawan 1 dgn kiper)..





  • KEEPING
 lakukan KEEPING/gocek (kiri/kanan) jika tidak ada satupun tmen yg support dan posisi kiper lawan maju untuk menutup ruang shooting/tembak kita. disini kawan keluarin deh skill gocekan maut kawan...hehhe. peluang gol 50% (situasi 1 lawan 1 dgn kiper)...






oke deh kawan.. spertinya bang mega udah sebutin semua info tntg futsal yg bang mega tau..hhe
inget yang terperting, bagaimana untuk bermain sebaik mungkin, bukan bagaimana untuk mencerak gol.. karena saat kita sudah mnunjukan yg terbaik, gol pun akan senantiasa terjadi..
ttep jaga sportifitas ya kawan..


sumber : KASKUS

SEMOGA BERMANFAAT YA KAWAN.. ^_^ v


0 komentar:

Posting Komentar